RELAWAN TANGGAP DARURAT BENCANA LPBI NU MAKASSAR DI KUKUHKAN

Kini, secara resmi Lembaga Penanggulangan Bencana Indonesia (LPBI) NU Kota Makassar telah memiliki Relawan Tanggap Darurat Bencana dan telah di kukuhkan pada Sabtu, (5/8) di Hotel Jolin Makassar oleh Ketua Tanfidziah NU Kota Makassar DR.KH.Kaswad Sartono, M.Ag.

Pengukuhan relawan ini berlangsung dalam rankaian kegiatan Edukasi Pemuda Tanggap Darurat Bencana yang di gelar oleh LPBI NU Kota Makassar.

Sekertaris Pengurus LPBI NU Pusat Dra.Yayah Ruchyati yang menyampaikan sambutan lewat virtual sangat mengapresiasi pengukuhan relawan LPBI NU Kota Makassar ini.

Sementara itu, saat menyampaikan laporan Ketua LPBI NU Kota Makassar DR. Rusli, M.Kes mengatakan kegiatan ini makin menambah ilmu dan pengalaman dalam penanganan kebencanaan.
Menurutnya LPBI NU Kota Makassar telah berbuat dan menunjukkan kiprahnya di tengah-tengah masyarakat, termasuk sangat aktif dalam menggencarkan penyemprotan disinfektan di sejumlah titik dalam wilayah Kota Makassar.

Sementara itu, Ketua Tanfidziah NU Kota Makassar DR.KH.Kaswad Sartono, M.Ag mengatakan NU perlu menyiapkan kader penanggulangan bencana, dimana bencana adalah ujian Allah SWT sehingga NU perlu mengambil peran untuk memberi mamfaat, dimana lewat kegiatan Edukasi Pemuda Tanggap Darurat Bencana yang di gelar LPBI NU Kota Makassar, Pemuda NU yang menjadi kader LPBI NU Kota Makassar dapat berperan aktif saat ada bencana.
Karena itu, Kaswad sangat mengapresiasi kegiatan kegiatan Edukasi Pemuda Tanggap Darurat Bencana, dimana LPBI NU Kota Makassar sangat tanggap, cepat, cerdas dan responsif.
Menurut Kaswad kader-kader LPBI NU akan makin di genjot dan perlu disiapkan dengan keterampilan khusus penanganan kebencanaan.
Lewat kegiatan Edukasi yang pertama ini, kini NU kota Makassar memiliki kader LPBI NU di semua Kecamatan yang siap mengabdikan dirinya untuk peduli kebencanaan.

Sementara Rois Syuriah PCNU Kota Makassar Anregurutta DR.KH.Baharuddin,HS yang juga sekaligus Ketua MUI Kota Makassar sebelum membacakan doa, memberi tausiah di hadapan Kader LPBI NU Kota Makassar, dimana kata Gurutta perlunya kader NU tanggap terhadap bencana, sehingga pemuda yang di rekrut menjadi relawan kebencanaan di pastikan usianya yang masih muda mempunyai potensi yang lebih tanggap.
Gurutta juga berpesan agar selalu bertawakal dan berdoa sebagai senjata menghadapi segala ujian. (Thahir Rahman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *