Lawan Hoax, LTN NU Kota Makassar Gelar Orientasi Jurnalistik

Orientasi Jurnalistik LTN NU Kota Makassar

Beritanu.com, Makassar – Lembaga Ta’lif Wan Nasyr Nahdatul Ulama (LTN NU) Kota Makassar menggelar Orientasi Jurnalistik dengan mengangkat tema kegiatan “Menulis NU, NU Mendunia” di Hotel Grand Celino Sabtu (31/10/2020).

Pertama kalinya digelar, Orentasi Jurnalistik diikuti 50 peserta yang teridir dari utusan Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdatul Ulama dari 15 kecamatan dan lembaga lajnah dan Badan Otonom Nahdatul Ulama Kota Makassar.

Hadir Rois Syuriah PCNU Kota Makassar Anregurutta DR. KH. Baharuddin, HS, Ketua Tanfidziah DR. KH. Kaswad Sartono, Sekertaris Usman Sofyan, Ketua LTN NU Kota Makassar DR. Nasruddin serta sekertaris yang juga Pimpinan Redaksi Beritanu.com, A.M. Thahir Rahman.

Kaswad Sartono dalam sambutannya mengatakan, PCNU sebagai Ormas Islam terbesar memandang kegiatan Orientasi Jurnalistik ini sangat strategis. Pelatihan jurnalistik memegang peran penting tersebarnya informasi ke publik.

“Saya meyakini Kader-kader NU yang menulis tidak akan terjadi hoax dan fitnah dalam setiap menyuguhkan tulisan berita maupun informasi,” kata Kaswad di hadapan peserta.

“Kader Jurnalis NU menulis, NU tidak hanya Mendunia tetapi NU bahkan mengakhirat, setiap tulisannya, akan menjadi ibadah dan bernilai amal dan pahala di sisi Allah SWT,” tambah dia.

Sementara itu dalam sambutannya Kadis Komimfo Kota Makassar Dr. Ismail Hajiali mewakili Pejabat Walikota Makassar, ia mengapresiasi dan berharap agar peserta yang merupakan calon jurnalis kelak dapat menjadi jurnalis yang profesional.

Ia juga mengingatkan Kode Etik Jurnalistik hendaknya dapat menjadi pegangan dan tanggungjawab sehingga jurnalis dapat terhindar dari hal-hal yang negatif.

Diketahui dua 2 Narasumber pada acara tersebut yakni DR. Hasrullah akademisi Unhas yang membawakan Materi Mengidentifikasi Informasi Hoax di era digital dan Eddy Thamrin tampil membawakan materi Tehnik Menulis Berita dan Literasi Buku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *